Selasa, 06 Desember 2011

me, and my short stories..

sori ya kalo tulisan gue kali ini rada mellow. sedihnya, gue emang baru pengen bermellow-mellow walopun tadi habis seneng-seneng sama temen gue dan as always, gue tetep jadi orang paling unyu dan paling gila yang manisnya kaya gula...

ehm, tadi seperti biasa, gue dijemput amalia mepet jam masuk. masuk nelat itu membahagiakan.
"datang nelat, pulang cepat"
itu prinsip.

bentar, gue sisiran dulu.

oke. lanjut.

entah kenapa gue ngerasa hobi gue agak gak di dukung sama orang-orang terdekat gue.
emang sih, dulu mama pernah mendadak tau tentang gue suka nulis cerpen dan gue diikutin semacam seminar fiksi di solopos. tapi gue masih merasa ada yang aneh.
gue suka nulis. sangat suka nulis. bagi gue, nulis itu semacam pelampiasan kemarahan, kesedihan, kegembiraan, dan gue yakin kalo hidup itu pasti bisa diceritakan.
awalnya gue samasekali ga tertarik buat nulis karena dulu yang ada di pikiran gue adalah penulis itu kutu buku yang selalu ngadep ke buku dan tulisannya, memikirkan karya sendiri dan segala macem yang nerd. dan sekarang gue sadar kalo penulis ga kaya gitu.
gue mulai suka nulis sejak masuk SMP. dulu pas SD kelas 5 sampe 6 gue emang suka nulis gara-gara baca KKPK (Kecil Kecil Punya Karya) dan ternyata setelah gue baca karangan gue lagi, isinya bisa dibilang hampir seluruhnya mirip sama novel yang sebelumnya gue baca. waktu itu, gue selalu gagal buat nulis 1 cerpen-pun.
dari kelas 3 SD gue udah suka nulis diary. karena mungkin gue remaja sebelom waktunya ato gimana, diary gue selalu gue ceritakan dengan bahasa super alay yang susah dibaca, bahasa inggris yang ancur dan bercerita tentang orang-orang disekitar gue. gue beneran berasa menjadi penulis teenlit.
sampe pada akhirnya, pas gue kelas 1 SMP gue baca semuanya lagi dan berniat untuk tetep nulis diary.
kelas 1 SMP, gue menemukan keahlian gue selain nyanyi. walopun kalo gue nyanyi, tibatiba tetangga pada bawa obor dan ngelemparin rumah gue pake batu meteor karena selain bikin rumahnya ancur dan kaca-kaca jendekanya peah, juga bikin anaknya kena rabies.
keahlian gue yaitu bahasa inggris.
materi waktu gue mendadak jago dan bersemangat belajar bahasa Inggris itu adalah greetings. materi yang super gampang dan mungkin semua orang tau. gue bisa ngejawab beberapa pertanyaan yang diajuin sama guru gue waktu itu. nggak beberapa,ding. hampir semua malah. dan besoknya, temen2 gue mendadak privat bahsa Inggris sama gue. gue merasa keren. muahahahaha
kelas 7 itu masa suram. pas mau naik kelas 8, fitnah tentang gue nyebar disana-sini. tapi gue nggak pernah memikirkan fitnah itu. gue easy going sih. anjing menggonggong, kucing masuk got.

kelas 8 masa paling mellow. gue doyan banget sama yang namanya galau dan sakit-sakitan.
pas kelas 8 itu, masa-masa cinta monyet yang.... hiiiy ! gue jijik sendiri ngingetnya.
gue sudah tidak alay alias melewati masa alay gue dengan sukses dan meneruskan masa remaja gue. tapi nama gue masih beredar di telinga anak2 sesekolah. ditambah lagi dengan penyakit gue *sensored* yang dulu, pas kelas 8 kambuh ga ketulungan. gue jadi lemah dan tambah mellow sampe akhirnya, gue menemukan sahabat yang selalu ada di sebelah gue :') peluuuuuuuuukkkk !!! {}.
kelas 8 akhir itu masa-masa yang paling membahagiakan. gue ga galau, penyakit gue mendadak entah kemana dan gue berhenti mellow. btw, di kelas 8 akhir juga, gue mulai aktif nulis. guru gue yang paling gue sayangi, namanya Bu Surani, memberikan dukungan penuh ke gue buat nulis.
awalnya gue nulis apa yang ada di diary gue. gue salin semua tanpa menjadikan itu fiksi. ternyata setelah dibaca beberapa orang, mereka suka. tapi masalahnya, mereka jadi bertanya-tanya apakah itu kehidupan nyata gue. pembaca pertama itu bu Rani. gue ngoreksiin tulisan gue didepan kelas karena beliau baru ngajar kelas gue. dan saat itu, bu Rani tanya ke gue apakah itu cerita asli gue dan gue jawab iya.
mendadak sekelas pengen tau karena kata bu rani, tulisan gue tulisan yang patut dibaca. mendadak tulisan gue beredar sekelas. sekelaspun pada nanya, apakah itu beneran cerita gue. gue gamungkin bilang enggak setelah gue bilang iya ke bu Rani. sekelas prihatin. bahkan gue pernah semacam berceramah di depan kelas sampe nangis2 tentang hidup gue yang mellow dan gimana cara gue mengatasinya. lagi-lagi, fitnah dan masalah datang. gue coba tanggepin sekali dua kali, dan akhirnya gue tetep pilih diem. anjing menggonggong, ayam digoreng.

masuk kelas 9, gue ga bersemangat. karena waktu kelas 8, murid-murid yang dulu masih cupu dan mendadak jadi gado-gado. dicampur jadi satu. (keliatan ga kalo gue laper ?)

makan dulu cyin~

LANJUT ! gue udah terlanjur sreg sama temen2 kelas 8 gue dan sekarang, gue balik lagi ke pelukan (jah) temen2 gue waktu kelas 7. bedanya, mereka udah lebih berani nentang peraturan sekolah, berani sama guru dan tingkah sesat lainnya. saatnya beradaptasi lagi.
tingkah laku mereka bisa dibilang urakan. entah berapa kali gue musti bilang ke mereka dan entah berapa juta kali guru2 di sekolah gue yang hilir mudik masuk kelas gue harus marah-marah ke mereka. tapi mereka tetep seperti itu. harapan gue, berubahlah.
kelas 9 ini, gue masih aktif nulis. kali ini, gue udah berjanji pada diri gue sendiri untuk memperdalam tulis-menulis.
guru bahasa Indonesia gue yag lain, bu Susi juga mendukung karya gue. bahkan setelah beliau gue kasih tau kalo gue udah mulai aktif nulis sejak kelas 8 dan udah punya beberapa draft karena gue hampir ikut lomba nulis (yang akhirnya batal), beliau tepuk tangan dan diikuti oleh tepuk tangan sekelas. thanks guys. walopun gue tau, saat itu masih ada orang yang mencibir gue. tau apa ? itu hak mereka. ayam berkokok, telur direbus.

kehidupan gue berjalan sangat random. sejak orang tua divorce pas gue kelas 6 SD, ide nulis gue semakin menjadi-jadi. amarah gue pada hidup, gue tuangkan di microsoft word dan keyboard Hello Kitty gue yang sekarang nyaris gaada hurufnya.
pas bu Susi ngasih kita tugas buat nulis cerpen, tulisan gue dari diary dan dari jawaban soal membuat beberapa paragraf blablabla, gue jadiin satu. saat pembagian nilai, gue salahsatu dari yang terbaik.
bu Susi minta cerpen gue dibacain. untuk menjadikan nilai gue sempurna, gue memilih untuk membaca sendiri cerita gue itu dengan mimik dan intonasi yang pas. gue berusaha tampil sesempurna mungkin membacakan cerpen gue yang tanpa dialog itu, dan ternyata ada beberapa temen gue yang nangis walopun tetep, ada yang mencibir super kejam dibelakang.
gue semakin bersemangat buat nulis sampe gue inget kalo gue udah kelas 3 SMP yang artinya, gue akan ujian.
gue bisa dibilang sangat bodoh di pelajaran berhitung, lumayan di pelajaran menghafal dan hampir super dalam pelajaran bahasa, terutama mengarang dan menulis cerita.
gue mencoba buat berhenti menulis dan tidak menyentuh keyboard laptop maupun PC. dan ternyata, gue gabisa. gue selalu gatel untuk nulis walopun gue nulis di kertas.

kepotong. gile, mati lampu.

lanjut lagi

seberapa besar usaha gue buat nyembunyiin tulisan gue, selalu berakhir dengan tulisan gue tersebut dibaca sama orang lain. dan mereka semua bilang, tulisan gue pantes buat diterbitin. gue masih sangat bingung dengan keputusan yang harus gue ambil sampe akhirnya, gue inget kata-kata pembicara waktu di Solopos yang intinya jangan biarin tulisan menjadi draft yang berujung di tong sampah. tapi sampe sekarang gue masih ga berani buat ngirim cerpen gue. itu gagal, man.
dan setelah gue ketemu bang Raditya Dika di UNS, gue semangat buat bikin blog lagi. ga lupa juga gue ngebuka webnya bang Dika di radityadika.com  gue nemuin short movienya yang ditaroh di blog yang sangat menginspirasi gue. dan gue punya rencana baru buat nulis cerpen gue di blog. entah kapan nulisnya, intinya gue janji.

oke, mau bikin wishlist dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar